ENGINE TUNE UP

GASOLINE ENGINE CONVENTIONAL

 

 

 

Langkah kerja dalam Tune-up perlu sekali diperhatikan agar hasil kerja bisa optimal. Dasar penulisan buku ini diambil dari berbagai sumber termasuk diantaranya : pelatihan di BLPT, BLK serta Uji Kompetensi yang diadakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) bekerjasama dengan Ikatan Teknisi Otomotif Indonesia (ITO).

LANGKAH KERJA TUNE – UP
1. Pasang perlengkapan servis kendaraan

       Fender cover

       Grill cover

       Steering cover

       Floor cover

       Seat cover

2. Siapkan peralatan kerja

       Tool set

       Alat ukur, meliputi :

—  Tune-up tester                                                

  • Timing light
  • Multimeter
  • Radiator cup tester
  • Spring scale
  • kunci momen (torque wrench)
  • hydrometer
  • feeler gauge
  • mistar baja

       Perlengkapan servis lain, meliputi : kompresor, air gun dan kain lap bersih.

 

 

3. Pekerjaan saat mesin dingin, meliputi pemeriksaan :

       Sistem pelumas

       sistem pendingin

       tali kipas

       filter bensin

       filter udara

       sistem pengapian

4. Pekerjaan saat mesin hidup, meliputi pemeriksaan :

       dwell angle

       Putaran idle

       saat pengapian

5. Pekerjaan setelah mesin dipanaskan, meliputi :

       celap katup

       kerja karburator

       stel putaran idle

       kompresi

       tes jalan

 

  1. I.       SISTEM PELUMAS

   

  1. Tarik batang pengukur, lap ujungnya, dan kembali masukkan.
  2. Tarik kembali dan periksa volume oli (diantara Full dan Low) serta kualitas oli dengan melihat warna dan kepekatan oli.
  3. Lihat perubahan warna pada oli mesin

 

  1. II.    SISTEM PENDINGIN

 

 

  1. periksa slang radiator
  2. periksa klem
  3. periksa kebocoran sirip-sirip
  4. periksa kran penguras
  5. Tes kebocoran sistem pendingin (menggunakan radiator tester beri tekanan sampai 1,2 Kg/Cm2)
  6. Pemeriksaan tutup radiator (menggunakan radiator cup tester beri tekanan 0,6 – 1,2 Kg/Cm2)
  7. Periksa kualitas dan kapasitas air pendingin
  8. Periksa volume tangki cadangan
  9. Periksa tali kipas : secara visual periksa dari kemungkinan retak/aus
  10. Saat mengembalikan tali kipas berilah tekanan 10 Kg dan defleksi tali kipas : 7 – 11 mm (untuk pompa air – alternator) 11 – 14 (untuk engkol – kompresor)
  11. Periksa suara bearing, pompa abnormal
  12. Sirkulasi air pendingin (dilakukan saat mesin panas dan hidup)

 

  1. III.  SARINGAN BAHAN BAKAR

 

  1. lepas filter bahan bakar
  2. Perhatikan saluran masuk dan buangnya
  3. Semprotkan udara bertekanan rendah
  4. Urutan penyemprotan : saluran buang – saluran masuk, saluran masuk – saluran buang, saluran buang – saluran masuk.
  5. Tiup ( dengan mulut ) dari saluran masuk dan buangnya. Apabila ringan : berarti bersih, apabila berat harus diganti.

 

  1. IV.  SARINGAN UDARA (Air filter)

 

  1. Lepas klip
  2. Periksa secara visual elemen saringan udara
  3. Semprot elemen saringan udara dengan urutan : dari dalam – keluar, dari luar – ke dalam, dari dalam – keluar.
  4. Lap rumah saringan udara.
  5. Pasang, perhatikan tanda panah yang ada pada tutup rumah saringan.

 

  1. V.    BATERAI

    

  1. Lepas pole baterai (terminal (-) terlebih dahulu.
  2. Angkat baterai (posisikan tangan dibawah kotak baterai)
  3. Periksa kotak, dari kemungkinan retak, menggelembung.
  4. Periksa volume elektrolit
  5. Periksa lubang penguapan pada tutup, semprot dengan udara bertekanan dari kompresor
  6. Periksa berat jenis elektrolit, dengan menggunakan hidrometer (kondisi baik bila pada skala diantara 1,25 – 1,27)
  7. Periksa kondisi dari pole/terminal
  8. Periksa tegangan dengan menggunakan Voltmeter

 

  1. VI.  KOMPONEN SISTEM PENGAPIAN
    1. A.    Busi, periksa :

 

 

  1. Insulator
  2. Ulir busi
  3. Keausan elektroda
  4. Gasket Busi
  5. Kondisi elektroda busi
  6. Celah busi

 

  1. B.     Kabel busi, dengan ohmmeter periksa resistance dari kabel (kondisi baik bila kurang

dari 25 KΩ.

     

C. Distributor

  1. bersihkan tutup distributor dengan lap bersih
  2. Periksa secara visual, dari kemungkinan retak, aus
  3. Bersihkan terminal dalam
  4. Periksa panjang brush

 

  1. Rotor, bersihkan dengan kain lap

 

  1. Platina, periksa, bersihkan dan stel

 

  1. Governor advancer, putar rotor (kondisi baik bila rotor segera kembali ke tempat semula)

 

  1. Vacuum advancer (kondisi baik bila diisap ,dudukan platina bergerak)
  2. Octan selector (posisikan Std/ tengah)

 

 

  1. VII.    IGNITION COIL
  2. Periksa tahanan primer koil (1,3 – 1,6 Ω)

 

 

  1. Periksa tahanan sekunder koil (10,7 – 14,5 KΩ)

 

 

  1. Periksa resistor koil (1,5 – 1,9 Ω)

 

VIII. KEKERASAN BAUT KEPALA SILINDER
Pengencangan dengan kunci moment dimulai dari tengah kemudian keluar, seperti prinsip obat nyamuk bakar.

 

 

  1. IX.               PENYETELAN CELAH KATUP

               Pada kesempatan ini kami hanya akan menjelaskan cara penyetelan celah katup yang

               konventional dan menggunakan shim saja, Perbedaan penyetelan yang konventional dengan

             yang menggunakan shim diantaranya :

  1.              1.  Sistem konventional dilakukan pada saat temperatur kerja engine (panas)
  2.              2.  Sistem menggunakan shim dilakukan pada saat engine dalam kondisi dingin.

 

 

 

Penyetelan Celah Katup Konvensional

—  Panaskan engine hingga temperatur kerja engine

—  Yakinkan baut kepala silinder dan baut rocker arm dalam kondisi keras.

—  Posisikan silinder no.1 pada TDC (lihat tanda pada pully)

—  Lakukan penyetelan dengan urutan dari depan; buang–hisap-hisap–buang

—  Untuk ukuran celahnya EX. 0.30 mm dan In. 0.20 mm

—  Kemudian putar pully 1 x putaran/360 derajat, posisikan silinder no. 4 pada TDC

—  Ukur/stel celah katup dengan urutan:

      Buang–masuk–masuk–buang

Catatan :

ü     Gunakan fuller yang masih baik (belum aus)

ü     Pada saat menyetel tarikan feller gauge harus lurus

ü     Rasakan untuk semua celah katup tarikannya sama 

 

 

  1. X.    DATA TUNE-UP SAAT MESIN HIDUP
    1. 1.      DWELL ANGLE : 520 ± 60

 

                       Cam Dwell Angle ( CDA ) adalah sudut antara breaker point mulai menutup sampai

              breaker point membuka. Untuk engine 4 silinder  CDA 52 o ± 6o . Pada saat melakukan

              engine tune up periksalah CDA nya karena apabila CDA terlalu besar coil akan panas dan

             kalau terlalu kecil kemagnetan primer coil akan kecil dan induksi sekunder juga kecil.

 Catatan :

—   Apabila CDA lebih besar dari standard berarti penyetelan celah breaker point terlalu kecil (rapat)

—   Apabila CDA lebih kecil dari standard berarti penyetelan celah breaker point terlalu besar

              ●     Apabila CDA berubah ubah kemungkinan disebabkan oleh nok distributor aus, bantalan

                   poros distributor rusak atau pegas breaker point rusak.

  1. 2.      SAAT PENGAPIAN ( kijang 5 K = 50 sebelum TMA )

                              Pada motor bakar saat pengapian merupakan sangat penting didalam menentukan

                  tenaga engine, untuk itu saat pengapian harus diperiksa saat kita melakukan tune up engine.

 

 

 

                   Pada saat penyetelan saat pengapian apabila distributor menggunakan vacuum

         advancer ganda maka kita harus melepas slang yang ke idle advancer terlebih dahulu.

          Apabila saat pengapian tidak tepat, kita kendorkan baut pengikat rumah distributor dan

          putarlah rumah distributor (distributor bodi) dan tepatkan saat pengapian sesuai standard

         enginenya.

 

          

 

  1. 3.      PUTARAN IDLE ± 750 rpm

                           Sebelum kita melakukan pemeriksaan saat pengapian, maka kita harus memeriksa

                  putaran idle   apakah sudah standard putaran idle apa belum dalam posisi air filter harus

                  terpasang, seandainya belum kita harus melakukan penyetelan terlebih dahulu dengan cara

                sebagai berikut:

                1. Hidupkan engine hingga temperatur kerja

                  2. Putar baut penyetel campuran (idle mixture adjusting screw) hingga tepat (rpm tinggi

                    max)

                3. Putar baut penyetel putaran idling (idle speed adjusting screw) hingga putaran idle

                    tercapai, Engine tipe K putaran  idle 750 rpm (tanpa beban AC)

                     

 

  1. 4.      PEMERIKSAAN KARBURATOR

             Setelah kita selesai melakukan pekerjaan penyetelan celah katup, maka kita tutup

     kembali mekanisme katup dengan tutupnya.

     Kemudian kita hidupkan engine dalam kondisi komponen terpasang semua :

          1. Filter udara

          2. Kabel gas

  • Pada saat putaran idle perhatikan apakah putaran engine tenang (tidak goyang)
  • Pada saat kita tambahkan putaran engine (akselerasi) terasa nyaman/tidak mbrebet
  • Kita tahan putaran menengah kondisi putaran rata (tidak goyang)
  • Pada saat kita akselerasi dengan tiba tiba tidak ada suara ngelitik terlalu panjang
  • Apabila kondisi diatas baik maka berarti kondisi karburator baik

 

  1. 5.      PEMERIKSAAN KOMPRESI

                  Pemeriksaan Kompresi hanya dilakukan apabila diperlukan saja (tenaga engine

           menurun) dan dilakukan oleh 2 orang.

Caranya:

     1. Panaskan engine

     2. Buka semua busi

     3. Pijak pedal gas penuh

     4. Pasang compresion tester pada busi no 1 – 4

     5. Starter engine dengan putaran 250 rpm atau lebih

     6. Tekanan minimum 8.0 kg/cm2 Normal >11 Kg/cm2

     7. Perbedaan tekanan tiap silinder < 0.7 Kg/cm2

 

                  Apabila didapat hasil pengukuran tekanan rendah maka, beri oli lewat lubang busi

          ● Bila diulang tekanan naik berarti terjadi keausan diantara piston dan silinder, sehingga

            terjadi kebocoran kompresi

              ● Bila tetap rendah, berarti terjadi kebocoran dari katup (valve)

 

 

                       Tes Kompresi

                         

 

  1.           6.   TES JALAN

                      Tes jalan juga merupakan pekerjaan di dalam melakukan engine tune up, namun

                  dilakukan apabila diperlukan saja, dan pekerjaan engine tune up telah dilakukan. Pada saat

                tes jalan perludiperhatikan:

  1. Kondisi meter kombinasi
  2. Kondisi engine, tenaga engine
  3. Suara abnormal yang terjadi
  4. Periksa saat pengapian

 

 

 

 

 

 

 

About Aa Ofik

Selalu ada jalan ketika kita mau terus berusaha dan berdo`a Ingat Allah Selalu

4 responses »

  1. Arfian mengatakan:

    Artikel yang sngat bermanfaat… Terima kasih…

  2. arif kurniawan mengatakan:

    ilmu yg membantu SMK MUH 1 SUKOHARJO

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s