Overlapping

 

Overlap adalah sebuah kondisi dimana kedua klep intake dan out berada dalam possisi sedikit terbuka pada akhir langkah buang hingga awal langkah hisap. Berfungsi untuk efisiensi kinerja dalam mesin pembakaran dalam.

Adanya hambatan dari kinerja mekanis klep dan inersia udara di dalam manifold, maka sangat diperlukan untuk mulai membuka klep masuk sebelum piston mencapai TMA di akhir langkah buang untuk mempersiapkan langkah hisap. Dengan tujuan untuk menyisihkan semua gas sisa pembakaran, klep buang tetap terbuka hingga setelah TMA. Derajat overlaping sangat tergantung dari desain mesin dan seberapa cepat mesin ini ingin bekerja.

Manfaat dari proses overlaping, antara lain :

  1. Sebagai pembilasan ruang bakar, piston, silinder dari sisa-sisa pembakaran
  2. Pendinginan suhu di ruang bakar
  3. Membantu exhasut scavanging (pelepasan gas buang)
  4. memaksimalkan proses pemasukkan bahan-bakar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Firing Order

 

Urutan pembakaran yaitu urutan pengiriman kekuatan masing-masing silinder multi-silinder mesin reciprocating . Hal ini dicapai dengan memicu dari busi di mesin bensin dalam urutan yang benar, atau dengan urutan injeksi bahan bakar dalam mesin Diesel . Ketika merancang sebuah mesin, memilih perintah tembak yang tepat sangat penting untuk meminimalkan getaran dan mencapai kelancaran, untuk mesin lama kelelahan hidup dan kenyamanan pengguna, dan sangat mempengaruhi desain crankshaft.

Ignition

Dalam sebuah mesin bensin, urutan menembak yang benar diperoleh dengan penempatan yang benar dari kabel busi pada distributor . Dalam mesin modern dengan sistem manajemen mesin dan pengapian langsung , para Kontrol Mesin unit (ECU) mengurus urutan menembak yang benar. Terutama pada mobil dengan distributor, urutan menembak biasanya dilemparkan pada mesin di suatu tempat, paling sering pada kepala silinder , intake manifol atau katup penutup.

perintah tembak Berbagai untuk layout mesin yang berbeda jumlah silinder menembak rangka       contoh :

Jumlah      FO                        Contoh

Silinder

3                 1-2-3                     Saab dua-stroke , Perodua Kancil mesin

                   1-3-2                     BMW K75 mesin

4                  1-3-4-2                 Kebanyakan lurus-4s , Ford Taunus mesin V4

1-2-4-3                 Beberapa mesin Ford Inggris, Ford Kent mesin

1-3-2-4                 Yamaha R1 crossplane

1-4-3-2                 Volkswagen mesin pendingin udara

1-2-3-4                 Proton Wira VDO mesin

5                 1-2-4-5-3             Straight-lima mesin , Volvo 850 , Audi 100

6                  1-5-3-6-2-4           Lurus-6 , Volkswagen VR6 mesin, Opel Omega A

       1-4-3-6-2-5           Mercedes-Benz mesin M272 , Volkswagen V6 ‘s (kedua mesin adalah 90 derajat V6 s)

1-6-5-4-3-2           GM 3800 mesin

1-2-3-4-5-6           GM Gelar 60-V6

1-4-2-5-3-6           Mercedes-Benz M104 mesin , Ford Cologne V6

1-4-5-2-3-6           Chevrolet Corvair

1-6-2-4-3-5           Porsche Boxster Rata-6  

7                 1-3-5-7-2-4-6        7-baris silinder tunggal mesin radial

8                 1-8-4-3-6-5-7-2    1988 Chrysler Fifth Avenue , Chevrolet Kecil Blok mesin

1-8-7-2-6-5-4-3    GM LS mesin , mesin Toyota UZ

1-3-7-2-6-5-4-8    Porsche 928 , Ford Modular engine , 5.0 HO

1-5-4-8-7-2-6-3    BMW S65

1-6-2-5-8-3-7-4    Lurus-8

1-8-7-3-6-5-4-2    Nissan mesin VK

1-5-4-2-6-3-7-8    Ford Windsor mesin

1-5-6-3-4-2-7-8    Cadillac mesin V8 368, 425, 472, 500 hanya

1-5-3-7-4-8-2-6    Ferrari V8 ‘s, (semua datar-pesawat engkol)

1-2-7-8-4-5-6-3    Holden V8

1-2-7-3-4-5-6-8    Cadillac Northstar Mesin  

10               1-10-9-4-3-6-5-8-7-2        Dodge Viper V10

1-6-5-10-2-7-3-8-4-9        BMW S85

12               1-7-5-11-3-9-6-12-2-8-4-10         2001 Ferrari 456M GT V12

1-7-4-10-2-8-6-12-3-9-5-11         1997 Lamborghini Diablo VT

16               1-12-8-11-7-14-5-16-4-15-3-10-6-9-2-13            2003 Cadillac V16 engine

Meskipun sebagian besar mesin mobil memutar searah jarum jam dilihat dari depan, beberapa mesin yang dirancang oleh produsen untuk memutar berlawanan arah jarum jam untuk mengakomodasi konfigurasi mekanik tertentu. Dalam aplikasi ini, urutan pembakaran ditampilkan dalam urutan terbalik (meskipun masih dimulai dengan 1). Untuk konfigurasi inline paling umum, hal ini memberikan perintah menembak 1-3-2, 1-2-4-3, dan 1-4-2-6-3-5. Selain rekonfigurasi kabel steker atau tabung injector, valve timing harus sesuai dimodifikasi.

► Catatan Kiri / Kanan dan Depan / belakang

Ketika mengacu pada mobil , sisi kiri dari mobil adalah sisi yang sesuai dengan kiri pengemudi, seperti yang terlihat dari kursi pengemudi. Hal ini juga dapat dianggap sebagai pihak yang akan di sebelah kiri jika satu berdiri tepat di belakang mobil melihat itu.  Saat mesin B , “menembak untuk 1342” ditandai pada inlet manifold. # 1 adalah menuju firewall (sisi kanan gambar). Ketika mengacu pada mesin , bagian depan dari mesin adalah bagian di mana katrol untuk aksesoris (seperti alternator dan pompa air ) berada, dan bagian belakang mesin di mana roda gila ini, di mana mesin terhubung ke transmisi . Bagian depan mesin mungkin menunjuk ke arah depan, samping atau belakang mobil. Pada sebagian besar roda belakang mobil, mesin membujur-mount dan bagian depan mesin juga menunjukkan bagian depan mobil. Di front-wheel drive mobil dengan mesin melintang , bagian depan mesin biasanya poin menuju sisi kanan dari mobil. Satu pengecualian adalah Honda , di mana banyak model memiliki depan mesin di sisi kiri mobil.

Di depan roda mobil drive dengan longitudinal-mount mesin, paling sering bagian depan mesin akan menunjuk ke arah depan mobil, namun beberapa produsen ( Saab , Citroën , Renault ) memiliki waktu ditempatkan mesin ‘mundur’, dengan # 1 menuju firewall . Satu mobil terkenal dengan tata letak ini adalah Traction Avant Citroën . Tata letak ini jarang terjadi hari ini

.

► perintah Cylinder penomoran dan tembak untuk layout berbagai mesin

Dalam mesin lurus businya (dan silinder ) diberi nomor, dimulai dari # 1, biasanya dari bagian depan mesin ke belakang.

 

          1-3-5-2-4 akan perintah tembak untuk ini 5 silinder mesin radial .

Dalam sebuah mesin radial silinder bernomor sekitar lingkaran, dengan silinder # 1 di atas. Selalu ada ganjil silinder di masing-masing bank, karena hal ini memungkinkan untuk perintah menembak yang konstan alternatif silinder: misalnya, dengan bank tunggal dari 7 silinder, order akan 1-3-5-7-2-4 – 6. Selain itu, kecuali ada ganjil silinder, cam cincin di sekitar hidung mesin tidak akan mampu untuk menyediakan katup inlet terbuka – urutan katup buang terbuka yang dibutuhkan oleh siklus stroke yang empat.

 Skema penomoran silinder yang digunakan oleh beberapa produsen pada mesin mereka V didasarkan pada “lipat” mesin ke tipe inline.

Dalam sebuah mesin V , silinder penomoran bervariasi antara produsen. Secara umum, silinder yang paling maju adalah nomor 1, tetapi beberapa produsen kemudian akan melanjutkan penomoran yang pertama bersama bank (sehingga sisi mesin akan 1-2-3-4, dan bank yang berlawanan akan 5-6-7 -8) sementara yang lain akan nomor silinder dari depan ke belakang di sepanjang poros engkol, sehingga satu bank akan 1-3-5-7 dan bank lain akan 2-4-6-8. (Dalam contoh ini, diasumsikan V8). Untuk lebih rumit, produsen tidak mungkin telah menggunakan sistem yang sama untuk semua mesin mereka. Hal ini penting untuk memeriksa sistem penomoran yang digunakan sebelum membandingkan perintah menembak, karena pesanan akan bervariasi secara signifikan dengan desain crankshaft (lihat crossplane ).

Sebagai contoh, terkenal Chevrolet Kecil Blok mesin memiliki silinder 1-3-5-7 di sisi kiri mobil, dan 2-4-6-8 di sisi lain, dan menggunakan perintah penembakan 1-8-4-3-6-5-7-2. [1] Perhatikan bahwa urutan tidak teratur bergantian antara bank kiri dan kanan;. ini adalah apa yang menyebabkan ‘burbling’ yang terkenal suara jenis mesin [2 ]  Di sebagian besar Audi dan Ford V8 mesin silinder 1-2-3-4 berada di sisi kanan mobil, dengan 5-6-7-8 berada di sebelah kiri. Ini berarti bahwa GM LS V8 mesin dan V8S Ford Modular memiliki pola tembak identik walaupun memiliki urutan menembak yang berbeda.  

Sebuah pengecualian yang menarik adalah Ford Flathead V8 dimana jumlah 1 silinder di kanan depan mesin (sama seperti lainnya V8 Ford) tapi ini BUKAN silinder silinder depan mesin! Dalam hal ini angka 5 adalah silinder depan. Situasi yang sama ada dengan 455 dll V8 Pontiac di mana silinder bernomor seperti V8 Chevrolet tapi bank sisi kanan di depan (seperti Ford), ini menempatkan nomor silinder 2 di depan nomor 1.

V8 Silinder Bank        Audi    Ford    GM & Chrysler           GM (Northstar Hanya)

Sisi kanan kendaraan 1234    1234    2468                            1357

Kiri sisi kendaraan      5678    5678    1357                            2468

 

About Aa Ofik

Selalu ada jalan ketika kita mau terus berusaha dan berdo`a Ingat Allah Selalu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s