Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) yang melanda negeri ini, membuat berbagai sektor kehidupan harus segera menyesuaikan dengan keadaan yang sekarang. Salah satunya adalah sektor Pendidikan, karena Pendidikan merupakan ujung tombak untuk menciptakan generasi yang unggul dan berkarater. Di tengah ramainya pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) membuat semua aktivitas kehidupan dibatasi, seperti selalu menjaga jarak, selalu memakai masker, bekerja dari rumah, dan belajar dari rumah. Kegiatan pembatasan tersebut dilakukan guna mencegah terjadinya penyebaran virus Corona Virus Disease (COVID-19). Tentunya keadaan ini membutuhkan penyesuaian atau adaptasi baru seperti kegiatan pembelajaran yang semula menerapkan pola tatap muka kemudian diganti dengan pola pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara online atau dalam jaringan. Pola pembelajaran ini tidak lepas dari berbagai hambatan yang ditemukan di lapangan baik yang dirasakan oleh pendidik maupun peserta didik. Misalnya hambatan yang alami peserta didik antara lain, keterbatasan kuota internet, dan kualitas jaringan yang kurang bagus.

Sebagai tenaga pendidik, saya menyadari bahwa kunci keberhasilan dalam pembelajaran berbasis online ini terletak pada kerjasama tenaga pendidik dengan semua pihak baik peserta didik maupun orang tua. Peran orang tua sangat penting terutama selama kegiatan pembelajaran jarak jauh guna memberikan rasa nyaman dan sebagai teman untuk berbagi.

Beberapa piranti yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh ini antara lain menggunakan Whatsapp Group, Google Classroom, Quizizz, Zoom, Webex. Piranti yang sering saya gunakan adalah Google Classroom karena mudah dalam penggunaan, serta manajemen kelas yang relatif lebih baik. Pertama kali yang dilakukan adalah membuat Kelas mata pelajaran Gambar Teknik Otomotif, kemudian mengundang peserta didik untuk join/gabung ke dalam kelas yang sudah dibuat. Dilanjutkan menyusun topik pembelajaran untuk memudahkan peserta didik dalam mengakses materi atau bahan ajar, latihan, evaluasi, atau diskusi terkait mata pelajaran Gambar Teknik Otomotif. Peserta didik dapat mengakses dan mempelajari semua konten yang ada di Google Classroom. Ketika pembelajaran, semua aktfivitas dapat dipantau secara realtime oleh Guru, mulai dari kehadiran peserta didik, forum tanya jawab atau diskusi dan pengerjaan tugas. Guru dapat memberikan penilaian kepada peserta didik yang sudah mengumpulkan tugas secara langsung melalui Google Classroom dan memberikan umpan balik untuk memotivasi peserta didik agar selalu semangat untuk belajar walaupun dari rumah.

Dalam berbagai keterbatasan yang ada, saya selalu berusaha untuk memotivasi peserta didik agar tetap semangat belajar dan menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua.

#SalamGuruHebat

#MerdekaBelajar

About Taofik Hidayat

Selalu ada jalan ketika kita mau terus berusaha dan berdo`a Ingat Allah Selalu

Tinggalkan komentar